Minggu, 10 Maret 2013

Wisata Taman Nasional Bunaken

Apakah anda salah satu pencinta Biota Laut ? dan tahukah anda bahwa Indonesia kaya akan Biota Laut nya ? ya! Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan Biota Lautnya, dan salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan biota Lautnya adalah Sulawesi Utara, dengan Taman Laut Bunaken yang sudah populer ke seluruh dunia, bahkan mendapatkan penghargaan dari UNESCO sebagai salah satu situs warisan Dunia yang kaya akan Biota Lautnya, Bunaken adalah salah satu objek wisata yang patut untuk dikunjungi.



Taman Laut yang terletak di Bunaken, Sulawesi Utara itu dinamakan Taman Nasional Bunaken. Nah, taman ini terletak tepat di segitiga terumbu karang, dan menjadi sarang dari 390 Spesies terumbu karang, dan juga sebagai tempat bermukim nya berbagai spesies Reptil, Ikan, juga mamalia laut. Perlu diketahui, bahwa Taman Nasional Bunaken ini merupuakan perwakilan Indonesia dalam bidang ekosistem laut, meliputi Terumbu Karang, Padang Rumput Laut juga Ekosistem Pantai. Jika anda pencinta binatang laut dan ingin menyaksikan indahnya maha karya Tuhan dibawah laut, kami rasa Bunaken ini adalah tempat pertama yang harus anda kunjungi.

Wilayah Taman nasional Bunaken ini luas nya adalah sekitar 890.65 km², jika di persen kan, kemungkinan 97 persen bisa dipastikan adalah biota laut, dan 3 persen sisa nya adalah daratan yang terdiri dari 5 buah pulau kecil, mereka adalah Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen, dan taman ini didirikan pada 12 Tahun silang.

Terumbu karang adalah spesies yang paling menonjol di Taman Laut Bunaken ini, ada sekitar 390 spesies terumbu karang yang bisa kamu temukan disini, sedangkan spesies laut lainnya juga banyak dan bermacam jenis. Ternyata bukan hanya kaya akan keindahan laut, Taman Nasional Bunaken juga memiliki ketertarikan di daerah daratan nya, seperti Hutan Mangrove yang juga menjadi sarang beberapa hewan seperti Lobster, Kepiting, Moluska, juga termasuk Burung burung laut.

Indonesia mendafarkan Taman Nasional Bunaken itu pada tahun 2005 ke UNESCO dan menjadikan nya salah satu Situs Warisan Dunia, walau sempat terjadi nya 'gonjang ganjing' penurunan kualitas Biota Laut nya akibat kegiatan pengeboman terhadap karang, akhirnya Bunaken bangkit lagi akibat bantuan yang dikirim oleh pihak WWF yang melakukan patroli bernama "Sulu Sulawesi Marine Eco-region Action Plan" sebagai penjagaan atas penangkapan ikan menggunakan Bom. Sekarang, tahun 2013 ini, Bunaken sudah kembali Asri dan kaya akan terumbu karang dan biota laut, nah apakah anda salah satu wisatawan yang ingin berkunjung ke Taman Nasional pertama di Indonesia ini ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar