Rabu, 20 Maret 2013

Wisata Museum Fatahillah Jakarta

Berlibur dengan berwisata ke tempat-tempat wisata yang penuh dengan hiburan memang penting, akan tetapi hal tersebut juga harus diimbangi dengan berkunjung ke tempat wisata yang berisi ilmu pengetahuan apalagi bagi anda yang masih duduk di bangku sekolah, atau anda yang menganjak si buah hati berlibur, hal ini untuk menambah wawasan anda dan si buah hati. Nah, salah satu objek wisata yang berisi ilmu pengetahuan adalah Wisata Museum Fatahillah Jakarta.



Museum Fatahillah atau nama asilnya adalah 'Staadhuis' merupakan sebuah objek wisata sekaligus museum yang terletak di Jalan Fatahillah no. 1, Jakarta Barat. Museum fatahillah ini ternyata juga dikenal sebagai Sejarah Jakarta, atau Museum Batavia. Dulunya museum ini adalah sebuah balai kota, dan museum ini memiliki luas 13.588 M persegi.

Berbicara mengenai sejarah museum jakarta ini, dulu nya museum ini dibangun oleh Raad Van Justitie yang merupakan dewan pengadilan di tahun 1925-1942, museum yang sekarang terkenal dengan nama 'Kota Tua' itu dibangun atas perintah Gubenur Jendral Johan Van Hoorn pada tahun 1707 – 1710. Museum Staadhuis ini resmi didirikan pada tanggal 10 juli 1710.dan pada tahun 1972 pemda DKI memugar gedung Staadhuis serta di rubah namanya menjadi Museum Fatahillah pada 30 Maret 1974.

Di dalam Wisata Museum Fatahillah Jakarta ini terdapat berbagai macam koleksi benda-benda peninggalan zaman dulu, termasuk prasasti, patung hermes, sebuah meriam yang bernama 'meriam si jagur', Lukisan VOC, dan banyak benda-benda peninggalan lainnya yang akan menjadi pusat perhatian para pengunjung museum ini, dan tentunya akan menambah pengetahuan anda.

Nah, jika Museum ini sudah ditutup anda tidak perlu khawatir karena di sore hari di luar museum terdapat berbagai macam kuliner yang dijajakkan oleh beberapa pedagang kaki lima, sebagai tempat nongkrong, tempat foto, dan juga ada tempat penyewaan sepeda gayung yang membawa anda mengelilingi Wisata Museum Fatahillah Jakarta yang luas nya hingga 13rb meter ini.
1925-19421925-1942
Raad Van Justitie,
13.588 Meter Persegi
Staadhuis
Staadhuis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar