Kamis, 18 April 2013

Kawah Raksasa Buatan Manusia di Papua

Kali ini jalan-jalan kita akan mengupas sebuah lokasi tambang dengan kawah raksasa di Indonesia, yaitu berada di komplek penambanan Freeport, Papua. Letak persisnya ada di pegunungan Tembagapura. D ipegunungan ini, terdapat sebuah kawah, yakni di tambang Grasberg. Lebarnya 4 km dan dalamnya 1 km. Kawah ini buatan manusia, bukan hasil tabrakan meteor.

Puncak dari pegunungan Grasberg berada pada ketinggian 4.285 mdpl. Di sinilah perusahaan tambang asal Amerika itu menambang emas, perak, tembaga dan bahkan uranium. Untuk bisa mencapai puncak ini, anda harus menggunakan kereta gantung. Nah sebelum samapai di  pegunungan Grasberg, dari dalam kereta gantung ini an da dapat melihat Erstberg, yaitu tambang Freeport pertama di tahun 1960an. Di sini juga ada kawah raksasa bekas galian tambang. Sanyangnya, aktivitas tambang di Erstberg ini sudah tidak ada.
Dipucak gunung anda akan meihat sebuah truk tambang super besar Caterpillar 797-Haul Truck 601 yang sudah pensiun. Panjangnya 14,53 meter, lebar 9,76 meter dan tinggi 7,58 meter. Kapasitas bak truknya saja mencapai 360 ton. Harganya satu unit mencapai Rp 32 miliar. Wow! Di sini kabutnya sangat tinggi, lagipula suhunya hanya belasan derajat, jadi bisa dibanyangkan betapa dinginnya.

Dari puncak pegunungan Grasberg itu, anda dapat melihat sebuah kawah raksasa yang sangat indah. Sepertinya ini tidak masuk akal kalau buatan manusia. Pihak freeport sendirimasih melakukan penambangan, jadi bisa diperkirakan betapa dalamnya kawah ini nanti.

Thariq Azizi selaku General Superintendent Mine Planning PT Freeport mengatakan, "Grasberg diameternya 4 km, kedalamannya 1 m. Tempat ini di ketinggian 4.285 mdpl,".

Sejauh mata memandang, anda hanya akan disuguhi pemandangan indah ini. Dari kejauhan anda akan melihat puluhan bahkan ribuan truk raksasa yang kelihatan kecil dari puncak gunung. Truk-truk ini membawa batuan tambang yang akan diproses lagi sebelum menjadi barang jadi.

Dalam posko yang berada di puncak gunung ini, anda akan melihat perjalanan Freeport pada penambangan pertama di gunung ini, sampai terciptanya kawah raksasa seperti ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar