Rabu, 13 Maret 2013

Wisata Kota Gede Yogyakarta



Nah, Kota Jogja ternyata juga menjadi sorotan Objek Wisata di Tanah air, dan salah satu objek wisata yang terkenal di kota pendidikan ini adalah Wisata Kotagede. Wisata Kota Gede Yogyakarta ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah pada masa kerajaan Mataram Islam, dimana kotagede ini dulunya adalah ibukota kerajaan Mataram Islam, sebelum terpecah menjadi Kesultanan Yogyakarta dan Kesultanan Surakarta. Kemudian apa saja sih yang menarik dari Objek wisata yang satu ini ?



Sebenarnya, Kotagede ini adalah sebuah kecamatan di Kota Jogja, DI Yogyakarta, Indonesia, dan letak Kecamatan Kotagede ini berbatasan dengan kecamatan umbul harjo disebelah barat, dan kabupaten Bantul di sebelah utara, timur, dan selatan. Di Objek Wisata Kotagede Yogyakarta ini anda bisa melihat beberapa penginggalan dari masa Kerajaan Mataram Islam, seperti Masjid Besar Mataram yang juga merupakan sebuah kompleks dengan suasana 'kraton' yang sangat khas, juga dilengkapi dengan pagar batu berelief mengelilingi mesjid. Tak hanya itu, suasana tradisional di masjid ini juga dilengkapi sebuah bedug besar.

Selain itu, sebenarnya anda juga bisa melihat beberapa makam Raja Raja Mataram termasuk makam Panembahan Senopati, sayangnya makam-makam tersebut sudah dipindahkan ke Imogiri oleh Sultan Agung Hanyokrokusumo. Nah, setelah menikmati peninggalan kerajaan juga kompleks makam, anda akan menemukan sebuah pasar yang ramai akan pengunjung, nama nya adalah Pasar Kotagede.

Pasar Kotagede ini tergolong ramai, bahkan setiap hari nya, namunn jika anda pergi ke pasar ini saat hari legi menurut penanggalan Jawa, maka akan ada yang berbeda dari Pasar Kotagede ini. Kipo dan Yangko adalah makanan khas daerah ini yang bisa anda dapatkan di Pasar Kotagede ini, anda tidak perlu khawatir, karena pasar ini buka setiap hari.

Nah, setelah Pasar Kotagede ini, ada peninggalan lainnya, yaitu beberapa rumah tradisional jawa peninggalan zaman dahulu, rumah rumah tersebut masih terawat dengan sangat baik, dan letaknya di 50 meter ke arah selatan dari Pasar Kotagede. Jika anda berjalan kearah selatan dari pasar kotagede, anda akan melihat sebuah gapura yang bertuliskan 'Cagar Alam' nah disanalah tempat Rumah Tradisional yang merupakan salah satu penginggalan Wisata Kotagede Yogyakarta ini.

Selain itu, di Wisata Kotagede Yogyakarta ini juga terdapat sebuah reruntuhan benteng dan Kedhaton yang mana peninggalan ini akan membuat anda kagum ketika mengunjungi nya. Mungkin anda tertarik untuk mengunjungi kota kecil bersejarah ini sebagai peninggalan kerajaan Mataram Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar