Rabu, 13 Maret 2013

Wisata Taman Nasional Tesso Nilo



Wisata Taman Nasional Tesso Nilo adalah salah satu wisata yang difavoritkan di Provinsi Riau, Indonesia dan Taman Nasional ini terletak diatas lahan seluas 38.576 hektare, didalamnya terdapat keindahan alam flora dan fauna yang begitu menarik dan sangat cocok untuk dikunjungi oleh anda yang suka dengan pemandangan alam yang alami, dan juga pencinta back packer. Selain itu, di Taman Nasional Tesso Nilo ini juga terdapat berbagai satwa langka yang dilindungi, termasuk di dalamnya adalah Gajah. 



Taman nasional yang terletak di Provinsi Riau di resmikan pada tanggal 19 Juli 2004 dan mempunyai luas 38.576 hektare. Disini terdapat alam yang indah, dan juga banyak sekali jenis flora dan fauna yang dilindungi. Terhitung sebanyak 360 jenis flora ada di Taman Nasional ini. Jumlah itu terdiri dari 165 marga dan 57 suku. Sedangkan untuk Fauna, sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Disini, anda akan menemukan 107 jenis burung, kemudian ada 23 jenis hewan mamalia, 3 jenis hewan primata, 50 jenis ikan, 18 jenis hewan amfibi bahkan hampir di setiap hekrar lahan di Taman Nasional ini.

Bukan hanya itu, ternyata Taman Nasional Tesso Nilo ini adalah salah satu taman Nasional yang menjadi tempat tinggal Gajah, yang notabene nya adalah gajah langka yang dilindungi. Total jumlah Gajah ditempat ini ada 60 hingga 8 ekor gajah. Bukan hanya itu, Wisata Taman Nasional Tesso Nilo juga di tempati oleh satwa langka seperti Harimau Sumatra. Sedangkan untuk mempertahankan ekonomi Taman Nasional ini, pemerintah memanfaatkan pohon sialang sebagai tempat lebah lebah-lebah di hutan ini memproduksi Madu.

Wisata Taman Nasional Tesso Nilo ini juga kaya akan jenis ikan, terhitung ada 50 jenis Ikan di tempat ini, diantara nya 31 jenis ikan di keluarga genera, 16 familia dan 4 ordo. Berbicara masalah kumbang, di tempat ini juga ada berbagai macam jenis kumbang, total ada 644 jenis kumbang! Sedangkan untuk satwa langka lainnya yang dilindungi adalah Beruang Madu, Tapir, Ungko, Lutung Budeng, Macan Dahan, Berang-berang, Babi Hutan, Burung Rangkong, Kuaw dan lainnya.

Nah, Taman Nasional yang terletak di Riau ini adalah salah satu Taman Nasional yang patut untuk dikunjungi bagi anda yang mencintai Keindahan alam, juga satwa satwa dan flora langka. Objek wisata ini sangat cocok dijadikan tempat untuk mengenal alam, dan juga observasi, atau mungkin tugas kuliah anda. Disini anda akan mengelilingi Taman Nasional yang luas dengan menaiki gajah asli taman Nasional ini. Bagaimana ? Apakah anda tertarik untuk mengunjungi objek wisata yang terletak di Riau ini ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar